Work Smart

Solusi Bekerja Tanpa Stress

Procedure, Function And Module

Untuk para pemula dalam VBA-Excel,….

Procedure, Function, dan Module

Procedure

Procedure adalah satu set instruksi /perintah yang anda berikan kepada computer untuk dilaksanakan. Dulu pada saat computer masih lambat dan bahasa pemrograman belum berkembang dengan baik, set instruksi ini disebut macro. Dalam praktek, procedure dan macro merupakan dua istilah yang sering dapat dipertukarkan atau dianggap memiliki arti yang sama, tetapi sebenarnya procedure memiliki makna yang lebih luas (broader meaning) dibandingkan dengan macro.

Macro merupakan satu set instruksi yang spesifik dan hanya berlaku sebagai “Sub Public Procedure” dan tidak bisa menerima argument. Semua macro adalah procedure, tetapi tidak semua procedure adalah macro.

Dalam VBA ada 2 jenis procedure yaitu Sub Procedure dan Function Procedure. Sub Procedure adalah satu set instruksi yang diawali dengan pernyataan “Sub” dan diakhiri dengan pernyataan “End Sub”. Sub Procedure hanya dapat melaksanakan suatu tugas tetapi tidak dapat menghasilkan suatu nilai, seperti misalnya Sub Procedure berikut hanya bisa menuliskan kata “Selamat Datang”

Sub SelamatDatang()
Msgbox “Selamat Datang”
End Sub

Function Procedure adalah satu set instruksi yang diawali dengan pernyataan “Function” dan diakhiri dengan pernyataan “End Function”. Seperti halnya Sub Procedure, Function Procedure juga dapat melaksanakan suatu tugas, tetapi juga bisa menghasilkan suatu nilai, seperti misalnya Function berikut ini akan melaksanakan tugas mengalikan bilangan yang anda berikan dengan lima dan memberikan nilai hasil perkaliannya.

Function TimeFive(angka as Long)
TimeFive=angka*5
End Function

Function seperti ini dalam VBA dapat dipanggil dengan procedure sebagai berikut

Sub KaliLima()
hasil = TimeFive(10)
MsgBox “Hasil perkalian = ” & hasil, vbOKOnly, “Procedure KaliLima”
End Sub

Kalau procedure KaliLima ini dijalankan, maka hasilnya adalah sebagai berikut

proc kalilima

Tampilan yang dihasilkan bila Anda menggunakan Excel 2011 for Mac. Untuk Excel Windows akan memberikan tampilan yang berbeda.

Kelebihan Function Procedure dibandingkan dengan Sub Procedure adalah bahwa Function Procedure bisa Anda pakai sebagaimana layaknya function- function yang sudah built-in dalam excel. Function TimeFive langsung bisa anda pakai dalam exec dengan cara menuliskan =TimeFive(Cell Address).

Penulisan function tidak “case sensitive” artinya anda bisa menuliskannya dengan huruf capital atau huruf kecil, ataupun campurannya , hasilnya akan sama.

Module

Module adalah wadah atau merupakan container dari sejumlah procedure yang anda buat. Biasanya procedure yang saling berhubungan dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu dikumpulkan dalam satu module.

Bila sebuah procedure hanya dapat dipanggil atau dijalankan oleh procedure lain dalam satu module, maka procedure seperti ini disebut Private Procedure, dan dalam penulisannya diawali dengan “Private Sub” dan diakhiri dengan “End Sub”. Bila sebuah procedure bisa dipanggil oleh procedure lain dalam module yang berbeda, maka procedure seperti ini disebut “Public Procedure”. Dalam penulisannya anda bisa mengawalinya dengan “Public Sub” dan diakhiri dengan “End Sub” Demikian juga untuk Function, bisa berupa Private Function maupun Public Function.

Secara default, VBA akan membuat Sub Procedure /Function Procedure adalah Public, sehingga anda tidak perlu lagi menuliskan kata Public didepan Sub maupun Function. Anda hanya perlu menambahkan kata Private untuk procedure yang ingin anda buat bersifat private.

Happy Coding.

Leave a comment