Work Smart

Solusi Bekerja Tanpa Stress


Leave a comment

Excel VLOOKUP? Hati-hati !!!

Pada versi MS Excel 2003 dqn sebelumnya dan bahkan sampai sekarang masih banyak yang menggunakan function VLOOKUP untuk menemukan hasil dalam tabel sesuai dengan kriteria tertentu. Selama tidak ada perubahan berupa insert atau delete column, fungsi VLOOKUP masih memberikan hasil yang akurat. Bila dilakukan insert atau delete column dalam range VLOOKUP, maka hasilnya menjadi salah, sehingga formula VLOOKUP nya harus diedit. Kalau hanya satu formula, editnya tidak jadi masalah, bagaimana kalau banyak formula?

Nah agar tidak kerja bakti mengedit satu-satu, sekarang orang tidak lagi menggunakan function VLOOKUP, mereka menggantinya dengan function INDEX dan MATCH. Mari kita lihat kasus berikut.

Screen Shot 2014-12-08 at 3.03.10 PM

Formula pada cell I3 menggunakan VLOOKUP untuk mendapatkan hasil penjualan Fitri  pada kuartal ke 3 (Q3), dan hasilnya adalah 38.  Formula ini akan mencari nama Fitri (nilai cell H3) di range A3:A12 dan mendapatkan hasilnya pada kolom no 4.

Dengan INDEX MATCH, di cell I9, formula mencari nilai pada range D3:D12 yang sesuai dengan posisi Fitri (nilai Cell H9) di range A3:A12.

Hasil dari kedua formula ini persis sama, yaitu 38. Sekarang mari kita coba insert column antara kolom A dan F, dan hasilnya adalah sbb:

Screen Shot 2014-12-08 at 3.09.46 PM

Setelah di insert column, maka formula VLOOKUP maupun INDEX MATCH semua alamat relatif nya menyesuaikan diri. Perhatikan alamat yang berwarna merah berubah karena akibat insert column.

Posisi Fitri dan hasil penjualan kuartal 3 yang semula di range D3:D12 juga berubah menjadi E3:E12 sehingga formula INDEX MATCH masih tetap mendapatkan hasil yang benar. Namun formula dengan VLOOKUP menggunkan nomor kolom ke 4 dari kiri, sementara pejualan kuartal ke 3 (Q3) sudah bergerser menjadi kolom ke 5 sehingga hasilnya salah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.